Senin, 01 November 2010

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Dapat Menikmati Musik.

Inti dari tulisan-tulisan yang saya post sebelumnya adalah untuk memberikan penjelasan mengapa dan bagaiman kita dapat memahami dan menikamati musik. Penjelasan-penjelasan tersebut diharapkan membuka mata pembaca untuk membuka telinga dan hati lebar-lebar terhadap musik-musik yang sebenarnya ada di sekitar kita. Selain itu juga, membuat pembaca merefelsikan dirinya, sudah sejauh apakah arti musik di kehidupan anda.
Ada beberapa cara yang saya lakukan untuk mendapatkan kenikmatan dalam mendengarkan musik, salah satunya adalah dengan luangkan waktu anda untuk mendengarkan musik. Pastikan anda menyediakan waktu khusus untuk melakukan kegiatan mendengarkan musik saja. Untuk mendapatkan suatu pengalaman mengenai keindahan manusia harus memiliki waktu luang agar sense keindahan itu muncul. Berikan waktu eksklusif kepada music player anda. Resapi dan alirkan melodi-melodi yang anda dengar menuju otak anda dengan tenang. Setelah itu ekspresikan kenikmatan mendengarkan musik anda, mungkin dengan cara menggerakan kepala atau menggoyang-goyangkan kaki atau bahkan berdansa. Bila tindakan ekspresi anda sudah tidak meepedulikan hal-hal di sekitar berarti alam bawah sadar anda telah masuk ke dalam musik tersebut.
Bila anda berminat untuk menikmati musik yang belum anda pernah dengar sebelumnya, maka tumbuhkanlah rasa ingin tahu kepada yang baru dan bersamaan dengan itu timbulkanlah rasa bosan terhadap musik-musik yang pernah anda dengar (bukan dilupakan). Anda harus berani “melacurkan” telinga anda terhadap jenis musik lainnya. Anda bisa menemukannya dari teman, internet, radio, dan mungkin dari film. Temukan sensasi yang berbeda dari musik yang baru anda dengarkan. Hal ini tidaklah terlalu berbeda dengan kuliner makanan yang mencoba hal-hal baru, terkadang rasa makanan atau minuman itu cocok dan terkadang sebaliknya tidak cocok. Musik pun demikian, dengan berani mencoba hal yang baru kemungkinan besar anda akan mendapatkan pengalaman keindahan mengenai musik yang baru dan akan memperbesar pengalaman musik anda.
Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menikmati musik dan mendapatkan penglaman keindahan, tetapi hal tersebut berbeda-beda di setiap orang. Yang jelas sumber dari pengalaman itu menjadi penting sebagai tonggak mengapa kita bisa menikmati musik tersebut.

2 komentar:

D mengatakan...

listen, think, and feel your music... :)

Unknown mengatakan...

gilakk,rame ya blog lo..selalu ada yg komen..gw mah jarang banget!

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
orang yang unik dan tidak menyukai hal-hal yang berbau mainstream