Senin, 01 November 2010

Musik dalam Iklan

Bila anda ingin mengetahui apa yang bisa dilakukan musik untuk anda, sudah barang tentu anda perlu seorang MD(music director)untuk menuntun anda dalam menciptakan suatu solusi tentang hidup ataupun untuk keperluan industri media komunikasi terutama periklanan, acara tv dan film
Ijinkan saya untuk menuntun anda menuju jalan yang lebih cerah ke depan dengan bumbu-bumbu kreatifitas dalam memahami, mengolah, dan menyajikan suatu musik.
Sebelumnya saya ingin memberikan sedikit catatan tentang what to say
saya akan memberikan contoh-contoh tentang penggunaan musik di media iklan dan juga saundtrack hidup. Saya akan memberikan pendapat tentang hubungan iklan dan musik. Saya akan memberikan gagasan bahwa ide atau tema iklan dapat muncul dari musik. Dan memakai musik untuk merubah suasana atau feel dari iklan. Tulisan ini ditulis untuk periode tahun 2008.
Pendapat saya tentang Jingles iklan-iklan Indonesia
Satu hal yang pasti iklan tak akan bisa lepas dengan musik khusunya jingles dan backsound iklan. Hal yang saya perhatikan ada 3 macam bentuk iklan yang menggunakan musik sebagai eksekusi:
1.    iklan yang menggunakan lagu yang benar-benar baru dan khusus diciptakan unutk iklan tersebut, contohnya iklan Frisian Flag susu cair “Berubah Untuk Maju”
2.    iklan yang menggunakan lagu komersil yang sudah ada sebelumnya dan digunakan 100% tanpa di aransemen ulang, contohnya Iklan Sunsilk dari Madonna dan Justin Timberlake – 4 minutes atau Pentene dari Natasha Bedingfield - unwritten
3.    iklan yang menggunakan lagu komersil yang sudah ada sebelumnya tetapi lagunya tidak 100% digunakan dan diarensemen ulang biasanya dari segi lirik yang dirubah dan suara aransemen asli lagunya yang di edit. Dan juga biasanya lagu yang dipakai adalah lagu luar yang tidak begitu familiar oleh masyarakat pada umumnya. Contohnya iklan Mie Sedap
Contoh Iklan tipe 1, Iklan Frisian Flag susu cair “Berubah Untuk Maju”, Iklan ini sepengetahuan saya tidak mencontek dari lagu luar atau dalam, baik dari segi lirik dan arensemennya. Dan sepertinya diciptakan khusus untuk iklan yang bertema “Berubah Untuk Maju” ini.
Contoh Iklan Tipe ke 2,  Iklan Sunsilk edisi “change up your look, change up your life”. Iklan ini memakai lagu dari Madonna feat. Justin Timberlake dengan judul 4 minutes.
Contoh Iklan Tipe ke 3, Iklan Mie Sedap. Contoh iklan tersebut mencontek karya Ben Lee dengan lagunya yang berjudul Catch My Disease.
          Pada tipe ke 3 ini saya kurang menyukainya karena secara originalitas, hal ini sangat melukai karya kreatif yang iklan itu ciptakan, khususnya iklan yang mengganti seluruh komponen lagu aslinya(lirik).
          Meskipun demikian bila hal itu permintaan klien saya pun akan melakukan hal yang terbaik untuknya
          Menurut saya, bila ingin memakai dan mengolah ulang, janganlah mengganti lirik lagu tersebut, contohnya seperti iklan Gulaku. Iklan Gulaku tidak merubah lirik tetapi mengarensemen ulang musiknya
Berikut contoh lain tipe iklan ke3:
          Iklan Trenz dengan menggunakan lagu dari John Mayer – Clarity, iklan ini mungkin juga masuk ke tipe 2, tapi lebih cenderung ke tipe 3 karena lagu dipotong, tidak ada lirik, dan hanya menggunakan bagian intronya saja.
          Iklan Ice Cream Campina menggunakan lagu dari Mika dengan judul Love Today
          Iklan Pemutih Kulit (kalau tidak salah Nivea), menggunakan lagu dari The Verve dengan judul Bittersweet Symphony
          Iklan Honda CR-V menggunakan lagu dari Keane dengan judul Everybody Changing
          Iklan Lux terbaru yang dibintangi oleh Dian Sastro. Iklan ini menggunakan lagu dari Goldfrapp dengan judul Ooh la la
          Dan contoh-contoh iklan lainnya yang tentunya memakai musik sebagai bagian dari eksekusinya
Setelah mengetahui Pendapat saya tentang iklan dan jingles, persilahkan saya untuk memberikan ide-ide saya akan jingle iklan. Banyak hal dan kesempatan yang bisa diberikan dan dieksplor dari musik melalui jingles di iklan-iklan. Berikut saya mencoba menawarkan beberapa musik yang dapat dimaksukan kedalam eksekusi sebuah iklan
          Fatboy Slim – Brimful of Asha
                lagu ini sangat cocok untuk iklan lanjutan dari coca cola Brrr.., alasannya iklan ini bernuansa mirip dengan jingles yang di pakai pada iklan coca cola yang saya sebutkan di atas. Lagu ini dapat menimbulakn semangat yang coca cola dapat berikan. Saya menebut iklan yang menggunakan lagu ini dengan iklan coca cola versi sssh...(cukup maksa memang). Itu hanya gagasan saya, bila anda menumakan ide yang lebih handal, lagu ini pun siap dipakai.
          The Smashing Pumpkins – Cupid de Locke
                lagu manis dari smashing pumpkins ini sangat cocok untuk digunakan untuk menjadi jingles iklan GULAKU selanjutnya. Lagu ini berisiskan irama dari Harpa yang menawan hati dan dapat membawa kita melayang-layang di awan. Untuk ide iklan saya memberi gagasan iklan ini bertema malaikat-malaikat kecil cupid yang sedang bekerja dan ditengah pekerjaannya ia merasakan manisnya gulaku dari tangannya dan manisnya cinta yang ia ciptakan.
          Jonh Legend – Save Room
                lagu ini sangat cocok untuk mencetak iklan kondom yang lebih artistik dan indah serta tidak terlalu memperlihatkan adegan sex di dalamnya, lagu ini dapat diletakan sebagai pengantar cerita suatu pasangan yang menuju ke tempat/ ruang di mana mereka ML, iklan ini berakhir setelah keduanya memasuki kamar dan menutup pintu kamar dan setelah itu munculah tagline iklan tersebut yang menyebutkan save for sex and love.
          Daft Punk – Something About Us
                lagu yang disajikan oleh duo elektronic musikan dari prancis ini memanglah dikemas untuk menciptakan suasana romantis di dalamnya. Saya memiliki ide untuk memakai iklan ini dalam iklan mobil sedan yang sudah memiliki nama dan penggemar tetap, contohnya Toyota Camry. Di dalam eksekusinya diperlihatkan keharmonisan antara pemakai dan mobilnya saat berkendara baik di waktu macet, hujan, panas terik dan perjalanan malam sehingga kesan cinta dan jodoh muncul.
          John Mayer – Waiting on the world to change
                lagu ini memberikan impact yang besar bagi pemikiran anak muda pada umumnya akan keadaan dunia saat ini. john mayer menciptakan lagu ini terinspirasi dari masalah global akan perang dan juga oleh global warming dan juga masalah kemiskinan di Afrika. Menurut saya lagu ini dapat digunakan untuk membuat iklan layanan masyarakat yang mengajak insan di bumi untuk merubah perilaku tak bersahabatnya kepada bumi dan lebih peka akan kesulitan pihak lain. Iklan ini saya harap d buat oleh PBB atau Greenpeace ataupun Discovery Channel.

Sebenarnya banyak sekali lagu lain yang ingin saya berikan untuk anda, tetapi mungkin ini hanyalah contoh akan gagasan saya terhadap apa yang bisa musik lakukan untuk membuat suatu eksekusi iklan.
Untuk mengetahui lebih tentang apa yang bisa dilakukan musik untuk anda khususnya bisnis media seperti iklan, film, jingles dan musik background acara-acara tv maka temukan hal itu dengan mendalami musik lebih dari apa yang biasanya orang awam lakukan ataupun bisa menghubungi saya.
Kata terakhir yang ingin saya ucapkan adalah musik dapat menghidupkan diri anda lebih hidup dari apapun itu
Terima kasih

3 komentar:

D mengatakan...

wow..iya saya juga setuju, saya juga tidak suka iklan tipe ke-3 ini.. Musik adalah bahasa dalam iklan, sebenarnya musik sebelum masuk dlm bag iklan telah memiliki bhs sendiri untuk mengatakan identitasnya. makanya saya juga tidak menyukai iklan yg mengubah identitas suatu musik itu.. ehmmm..mungkin itu yang saya tangkap..

pastipds mengatakan...

iya, memang terkadang kebiasaan menyontek yang ada di bangsa ini tidak akan pernah sirnah,,

Ardiblog mengatakan...

nngg....
Lagu Mika yang Love Today itu bukannya Mizone ya?

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
orang yang unik dan tidak menyukai hal-hal yang berbau mainstream